KARTINI IS INSPIRING RECENTLY MIDWIFE

Apa sih sebenarnya hari Kartini itu? Mengapa harus ada peringatan hari Kartini? Peringatan hari Kartini didasari untuk mengingat besarnya jasa Kartini pada bangsa Indonesia terutama untuk kaum wanita. Pemerintahan Presiden Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964 yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Raden Ajeng Kartini atau yang biasa dikenal sebagai R.A. Kartini merupakan sosok wanita tangguh yang mendasari adanya emansipasi wanita di Indonesia. Beliau lahir di Jepara, Jawa Tengah pada tanggal 21 April 1879. Kartini dari kecil merasa tidak bebas untuk menentukan pilihannya dan juga merasa diperlakukan berbeda dengan saudara maupun teman-teman prianya karena terlahir sebagai seorang wanita, serta merasa kurang adil dengan kebebasan teman-teman wanitanya yang berada di luar negeri khususnya dengan para wanita Belanda. Hal tersebut menumbuhkan keinginan dan tekad di dalam hati Kartini untuk menjadikan para wanita di Indonesia juga mempunyai persamaan derajat yang sama dengan laki-laki, bahwa setiap wanita juga mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan. Demi mewujudkan keinginannya tersebut, Kartini mendirikan sekolah gratis untuk anak gadis di Jepara dan Rembang. Melalui sekolah gratis tersebut  diajarkan pelajaran menjahit, menyulam, memasak, dan sebagainya. Sekolah gratis yang didirikan oleh kartini tersebut kemudian diikuti oleh wanita-wanita lainnya dengan mendirikan ‘Sekolah Kartini’ di berbagai tempat lain, seperti di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, dan Cirebon. Perjuangan dan tekad Kartini untuk menyamakan derajat kaum wanita dengan kaum pria telah membuahkan hasil, yaitu dibuktikan dengan berkembangnya sekolah-sekolah untuk wanita, namun tidak seindah dengan hasil yang telah ia capai, Kartini sakit-sakitan dan wafat setelah melahirkan putra pertamanya yaitu pada usia 25 tahun, tanggal 17 September 1904.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan Kartini, Akademi Kebidanan Kudus memperingati hari tersebut dengan berbagai lomba yang mengasah kemampuan para bidan muda untuk berfikir lebih maju dan tak lepas dari perilaku dan sifat ibu Kartini yang lembut namun tegas dan memiliki kemauan yang kuat

Akademi Kebidanan Kudus merayakan hari Kartini selama 3 hari berturut-turut, dimulai pada hari Kamis tanggal 20 April 2017 yaitu acara donor darah yang didatangkan langsung dari PMI Kabupaten Kudus, Kegiatan donor darah tersebut di ikuti oleh seluruh mahasiswi Akademi Kebidanan Kudus, lomba MCC dan lomba Orasi Ilmiah.

image001

Inti dari acara kartini  Akademi Kebidanan Kudus yaitu hari jum’at tanggal 21 April 2017, mahasiswa dan dosen Akademi Kebidanan Kudus memakai pakaian kebaya untuk memperingatinya.

image003

Pada hari jum’at diadakan berbagai macam lomba yaitu lomba kreasi jilbab modern, lomba dance dan lomba miss kartini Akademi Kebidanan Kudus tahun 2017. Lomba berlangsung sangat meriah dan disaksikan langsung oleh Direktur Akademi Kebidanan Kudus Bapak H. Trisno Suwandi SPd., MM.

image005

Penutupan acara yaitu hari Sabtu tanggal 22 April 2017 dengan acara Pengabdian Masyarakat. Acara Pengabdian Masyarakat ini melibatkan bidan desa, kader desa dan ibu hamil, ibu dan balita yang ada di daerah ploso, jati Kudus.

Dalam acara ini mahasiswi Akademi Kudus memberikan pelatihan senam hamil Kepada ibu-ibu hamil, memberitahukan tentang bahaya kehamilan Trimester 1, Trimester 2, dan Trimester 3, serta memberikan pengetahuan tentang pola asuh yang baik dan tepat terhadap balita sedini mungkin. Masyarakat sangat antusias terhadap acara tersebut.

Dengan acara peringatan hari Kartini ini diharap mahasiswi Akademi Kebidanan Kudus dapat menjadi bidan yang mempunyai semangat tinggi dalam belajar dan menolong masyarakat dengan tulus, serta dapat mengamalkan sikap Kartini di masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *